Sabtu, 04 Juni 2016

Arti nilai positif dan negatif

Negatif positif


Siti Aisyah-Sebuah nilai positif dan negatif ditimbulkan oleh interaksi antara manusia dan sumber daya dalam proses pemenuhan kebutuhan. Suatu rencana kegiatan pembangunan akan dinilai mempunyai dampak positif bila kegiatan tersebut berdaya guna tinggi. Sebaliknya, rencana kegiatan itu akan dinilai berdampak negatif bila ternyata komponen kegiatan pembangunan itu lebih menyebabkan kerusakan, kerugian atau penurunan kualitas pada rona lingkungan, baik fisik maupun nonfisik (biogeofisik), termasuk lingkungan sosial, ekonomi dan budaya.
Berdasarkan analisis dampak lingkungan, dapat diketahui secara rinci dampak positif maupun dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh kegiatan tersebut. Dengan demikian, langkah pengembangan dampak positif maupun tindakan penanggulangan dampak negatif dapat dipersiapkan sejak awal.


Baik dampak positif maupun negatif dipandang sebagai faktor yang berdiri sendiri dan sebagai kesatuan faktor yang terpadu, sehingga pada akhirnya harus mampu menjadi kunci penentu yang berdaya-guna dalam upaya menentukan perlu atau tidaknya usulan rencana kegiatan pembangunan tersebut. Hal ini karena Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL) untuk menentukan dampak positif dan dampak negatif tidak hanya merupakan proses analisis, tetapi juga suatu proses sintesis. Pengertian dampak positif dan dampak negatif perlu dirumuskan dengan pendekatan yang lebih tepat. Pendekatan itu dilakukan dengan menilik perubahan terhadap kualitas lingkungan dan kualitas manusianya. Dalam suatu kegiatan proyek, yang penting bukan semata-mata dampak positif atau negatifnya, tetapi seberapa jauh dampak itu menimbulkan perubahan terhadap kualitas lingkungan dan kualitas manusianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung